Home » » Fenomena Alam Indahnya Pelangi Api

Fenomena Alam Indahnya Pelangi Api

Written By Ryu BUT on Sunday, August 5, 2012 | 5:54 AM


Hari Selasa (31/7/2012) kemarin, masyarakat di wilayah selatan Florida menyaksikan fenomena indah di langit, yakni "Pelangi Api". Gambarnya seperti terlihat pada foto di bawah. Apa sih yang dimaksud dengan pelangi api?


 soundofheart.org




Pelangi api sebenarnya adalah awan yang berwarna-warni. Berdasarkan keterangan NASA, awan ini terjadi karena awan yang tersusun atas air dengan ukuran seragam. Awan ini mampu memantulkan, membiaskan, dan mendifraksi cahaya.

Proses pembentukannya mirip seperti pelangi umumnya. Fenomena ini juga terjadi karena proses pemantulan, pembiasan, dan difraksi cahaya matahari. Demikian juga warnanya, pelangi api juga terdiri atas warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

 
foxnews.com

Meski demikian, mekanisme bagaimana pelangi dan pelangi api terbentuk berbeda. Pelangi terbentuk lebih karena proses pemantulan dan pembiasan. Sementara pelangi api lebih disebabkan oleh proses difraksi.

Penjelasan singkatnya begini:

Pelangi: Cahaya dibelokkan saat melewati lapisan dengan massa jenis berbeda. Cahaya akan memantul dengan sudut yang sama dengan sudut datangnya. 

Difraksi: Gelombang cahaya diubah menjadi bentuk seperti cincin.

Pelangi api biasanya terjadi pada awan yang baru terbentuk. Menurut Weather Channel, pelangi api adalah awan pileus yang terbentuk akibat badai yang mendorong udara ke lapisan atmosfer lebih atas lewat suatu lapisan lembab. 

Pelangi api juga pernah terjadi di belahan bumi lainnya. Berikut foto-foto diperoleh dari uglyhedgehog.com yang pernah mengabadikan pelangi api dengan bentuk yang sangat indah.











Sumber:
sains.kompas dan sumber lain.

Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar tapi tolong jangan spam atau yang tidak berhubungan dengan judul dan isi postingan. Saya tidak akan mem-publish komen spammer. Trima kasih atas kesopanan sobat.



 
Partner links : Jasa gambar online
Copyright © 2013. Berita Unik Terbaru™ - All Rights Reserved
Template by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger