Home » » Hikmah : Puasa Bisa Cegah Penyakit Kronis

Hikmah : Puasa Bisa Cegah Penyakit Kronis

Written By Unknown on Sunday, July 21, 2013 | 7:14 AM

Ibadah puasa pada bulan Ramadan dapat mencegah penyakit kronis ataupun penyakit degeneratif. 

"Puasa Ramadan bagi masyarakat muslim merupakan kesempatan untuk memperbaiki kondisi gaya hidup yang tidak sehat," ujar dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEHAri, Kamis (11/7).


Dia menjelaskan puasa Ramadan merupakan suatu keadaan yang secara medis dikenal sebagai Prolonged Intermittent Fasting, yaitu dimana pengaturan makan yang biasanya dilaksanakan tiga kali sehari menjadi dua kali sehari dengan jarak makan 14 jam lamanya.
Pola pengaturan makan ini secara ototmatis akan mengurangi asupan makan atau pun asupan kalori, sehingga asupan lemak juga turut berkurang.

"Asupan lemak yang berkurang akan juga mengurangi asupan kolesterol. Jika seseorang berpuasa dengan baik mustinya parameter laboratorium akan membaik," ungkapnya.

Artinya, orang yang berpuasa sebenarnya telah melakukan kontrol diri terhadap kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida, sama halnya dengan kadar asam urat dan kadar gula darah menjadi stabil atau normal.

Dengan meningkatnya kadar kolesterol baik, dan menurunnya kadar kolesterol jahat, maka ini menjadi hal yang positif untuk pencegahan penyakit kardiovaskuler.

 Ari menegaskan dengan kondisi parameter laboratorium yang baik, maka kita akan terhindar berbagai penyakit kronis lain.

Source
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar tapi tolong jangan spam atau yang tidak berhubungan dengan judul dan isi postingan. Saya tidak akan mem-publish komen spammer. Trima kasih atas kesopanan sobat.



 
Partner links : Jasa gambar online
Copyright © 2013. Berita Unik Terbaru™ - All Rights Reserved
Template by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger